Terima Kasih Anda Telah mengunjungi Blog Ipin-Upin semoga bermanfaat

Senin, 13 Februari 2012

Cara Menggunakan MySQL (2)

pembahasan lanjutan nih,,, silahkan..

2.3  Manipulasi Data di MySQL

Pada pembahasan ini, kita akan mengelola struktur data pada tabel melalui fasilitas dari database MySQL itu sendiri.  Ini merupakan hal yang paling mendasar bila Anda ingin belajar menggunakan database MySQL. Bagi Anda  yang sudah mengerti bisa langsung tancap ke pembahasan Database Server dari MySQL.


2.3.1  Cara Insert Data ke Tabel MySQL

Untuk bab ini, seluruh manipulasi akan kita kerjakan non-query, dalam artian tidak menggunakan query, karena query ada pembahasannya tersendiri. Insert atau menambah dilakukan pada menu tab INSERT pada halaman phpMyAdmin, tentunya setelah Anda masuk terlebih dahulu ke dalam tabel yang ingin ditambahkan datanya. Klik tab INSERT kemudian tambahkan beberapa data. Dapat Anda lihat Gambar 2.9.

 
Klik tombol Go, maka data akan tersimpan dalam tabel mahasiswa (klik tombol Browse). Lihat pada Gambar 2.10.  


2.3.2  Cara Mengubah Data di Tabel MySQL
Data yang telah dimasukkan, terkadang memiliki kesalahan input. Untuk mengganti dengan data yang benar, kita tidak perlu menginput ulang kembali. Berkat adanya proses ubah data, semuanya menjadi sangat mudah. Untuk mengubah data yang telah ada, klik saja pada simbol   pada salah satu  record, maka nanti akan tampil seperti pada Gambar 2.11.
Lakukan perubahan pada data yang ingin diubah, kemudian diakhiri dengan mengklik tombol Go. Maka data akan diperbarui.


2.3.3  Cara Menghapus Data di Tabel MySQL
Setelah cara menambah dan mengubah data telah penulis bahas, selanjutnya ada pertanyaan, bagaimana untuk menghapus data (record) pada tabel? ... Caranya hampir sama seperti pada pembahasan di sub-subbab 2.3.2. Hanya saja kali ini kita klik simbol  , maka nanti akan didapati konfirmasi dialog seperti Gambar 2.12.

 

Klik tombol  Yes jika Anda yakin ingin menghapus data, dan klik tombol No jika Anda ingin membatalkan menghapus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar